WELCOME TO OUR FIRST BLOG, SEMOGA POSTINGAN-POSTINGAN KAMI BERMANFAAT BAGI ANDA

Minggu, 17 Februari 2013

TUGAS II

OPERA WEB BROWSER




                Pengertian web browser atau internet browser adalah sebuah aplikasi perangkat lunak untuk melintasi, mengambil, dan menyajikan sumber informasi di World Wide Web. Sumber informasi diidentifikasi dengan Uniform Resource Identifier (URL) termasuk sebuah halaman web, gambar, video, atau bagian lain dari konten web.

                Pengertian Web Browser dari Segi Fungsi : Tujuan utama dari web browser adalah untuk membawa sumber informasi kepada pengguna.

                Salah satu dari jenis web browser adalah Opera. Berikut akan dijelaskan lebih detail mengenai  Opera Web Browser.

                Opera adalah salah satu web browser yang yang banyak digunakan baik di Sistem Operasi Windows, Mac, Linux bahkan saat ini tersedia versi mobile untuk digunakan di handphone. Faster & Safer adalah semboyannya. Faster maksudnya adalah anda akan lebih cepat dalam berselencar di dunia maya dan Safer maksudnya adalah dengan menggunakan Opera, anda dapat berselancar dengan di internet dengan mudah dan aman.

                 Opera merupakan web browser dan internet suite yang dikembangkan oleh Opera Software dengan lebih dari 200 juta pengguna di  Adobe Systems memiliki lisensi teknologi Opera untuk digunakan dalam Adobe Creative Suite. Opera dimulai pada 1994 sebagai sebuah proyek penelitian di Telenor , perusahaan telekomunikasi terbesar Norwegia. Pada tahun  1995, itu bercabang menjadi perusahaan yang terpisah bernama Opera Software ASA. Opera pertama kali dirilis publik dengan versi 2.0 pada tahun 1996, yang hanya berjalan pada Microsoft Windows

Opera Web Browser memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan Opera Web Browser:

1. Mudah diinstal hanya dengan mendownload di http://www.opera.com. Tidak memakan memory yang besar, Ringan saat dijalankan, dan Startup lebih cepat.

2. Terdapat pilihan dalam berbahasa Indonesia. Memungkinkan untuk lebih mudah mengoperasikan Opera Browser.

3. Ada 2 macam opsi tampilan skin, ada yang khas Windows bagi yang terbiasa Mozilla Firefox dan Internet Explorer.

4 .Kecepatan dalam me-render (memproses) website lebih cepat dari browser lain.

5 .Fitur keamanan situsnya lebih lengkap muntuk menangkal virus dari internet yang merusak dan mencuri data dari komputer anda.

6 .Anda bisa langsung chatting via IRC chat yang sudah terintergrasi.

7. Mendapat peringkat tertinggi dari browser manapun di acid3 (http://www.acid3.org)

8. Anda bisa membaca artikel dari situs yang anda sukai melalui RSS reader.

9. Mendownload file secara P2P dengan menggunakan BitTorent yang sudah terintergrasi, dengan meng-klik link BitTorentnya, file bisa langsung didownload.

10 .Memblokir satu situs jauh lebih mudah dengan mengklik kanan di situs yang dimaksud, dan pilih block Content.

11. Opera juga menyertakan filter pop up built-in untuk menangkal iklan pop up yang mengganggu.

12. Bisa langsung merasakan settingan seperti tampilan, widget, dll. Tanpa merestart komputer.

13. Sudah built in Search Engine, seperti mesin pencari Google, Ask, Yahoo! Sehingga lebih efisien tanpa harus mengunjungi situs pencarinya!

14. Fasilitas New tab, sehingga bisa membuka banyak situs hanya dengan menggunakan tab yang baru dan secara cepat bisa bergantian membukanya .

15. Fitur widgets, sebuah aplikasi kecil yang di unduh terpisah dari Opera Browser melalui Widgets (widgets.opera.com ), pengguna bisa membuat semacam "jendela" kecil untuk jam, kalender, laporan cuaca, pertukaran mata uang, dll.

16 .Fasilitas Anti Fraud Protection, dengan fasilitas ini anda bisa mengeliminasi pembajakan identitas rahasia Anda seperti data diri, email, kartu kredit,dll.

17. Kecepatan download file lebih cepat dengan fitur download manager yang tepat dan mudah untuk diatur dan ditambah dengan fasilitas resume jika download berhenti di tengah jalan

18. Fasilitas editing teks yang lebih baik.

19. Jika komputer mati secara tiba-tiba, Opera Browser bisa diatur agar langsung masuk ke situs terakhir yang dibuka, sepanjang OS-nya tidak menggunakan deepfreeze.

20. Back and forward langsung diambil dari cache menjadi lebih cepat tanpa request lagi

21. Mouse gesture yaitu navigasi browser menggunakan pointer mouse

22. Notes untuk menyimpan text atau apapun secara cepat tanpa harus membuka aplikasi notepad

23. Mail client yang sudah terintergrasi dalam web browser

24. Speed dial yaitu bookmark visual berjumlah 9 thumbnail browser yang tampilannya seperti tampilan situs bookmarknya aslinya. Untuk mengunjungi situsnya tinggal klik thumbnail yang dituju

25. Paste and go. Cukup klik kanan paste and go tanpa menekan tombol enter di keyboard.

26. Wand password manager yaitu untuk mengatur user dan password pada website yang dituju secara otomatis untuk semua situs

27. Save session. Membuka alamat link web favorit hanya dengan sekali klik.

28. Sangat mudah untuk kita customize skin tampilan browser opera dengan skin menarik dengan mengupdate dari pengguna opera di seluruh dunia.

29. Dukungan community di opera community yang sangat bagus untuk berkomunikasi dan bertanya tentang semua keluhan Opera Browser. (Sebelum menggunakan fasilitas ini, pastikan anda sudah mendaftarkan akun anda di http://my.opera.com.

30. Synchonice bookmark yaitu akses dimana bookmark kita bisa disikronkan sehingga di PC atau di ponsel anda, anda bisa membuka sikronisasi bookmark kita lewat opera mini atau lewat www.operalink.com

31. Opera browser dilengkapi dengan perintah ganti halaman atau mengubah ukuran jendela dengan suara dengan memasang mikrofon dan aktifkan fasilitas ini (sebelum menggunakan fasilitas ini harus didownload dahulu). Dan juga dengan fasilitas ini, Opera Browser bisa membacakan tulisan yang ada didalam situsnya.

Kekurangan Opera Web Browser:


Tidak dapat:
1. Melihat info halaman yang sedang diakses dan mendownload gambar yang terdapat pada halaman tersebut 1 per 1
2. Menampilkan gambar mana saja yang ingin dilihat pada saat mode images tidak diaktifkan, seperti yang bisa dilakukan dengan OPM v 4.2
3. Melihat dan menyalin (copy) info link yang akan dituju.
4. Merubah shortcuts key.
5. Merubah ataupun menambah daftar search engine.
6. Menghilangkan visual effect.
7. Melakukan scrolling cepat menuju halaman bagian atas (TOP) dan bawah (BOTTOM).
8. Menampilkan daftar bookmark yang jumlahnya cukup banyak secara cepat.

Sumber:


Nabella Qatrunnada Ramadhani_22_9D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar